Nyai Loro Kidul

Ratu Kidul mungkin menjadi ikon mistis paling populer di Indonesia. Penduduk sekitar Pantai Pelabuhan Ratu menyembahnya setiap tanggal 6 April, dan The Samudera Beach Hotel punya kamar 308 untuk Ratu Pantai Selatan ini. Ia selalu diasosiasikan dengan bunga Melati, Sedap Malam, dan warna hijau. Menurut Honga, Professional Gypsy Card Reader yang kerap “berkomunikasi” dengannya, sang Ratu memiliki rambut panjang dan lurus (kadang dijadikan sanggul), kulit bening dan bersinar, serta kecantikan yang luar biasa. “Setiap kali ia akan datang, rumah saya langsung semerbak harum bunga Melati” ujarnya.

The Brown Lady

Kastil Raynham Hall di Norfolk, Inggris pernah ditinggali oleh Charles dan Dorothy Townsend. Konon, Charles memergoki sang istri berselingkuh dan menguncinya di sebuah sudut rumah hingga ajal menjemput. Pada tahun 1800, King George IV melihat wanita bergaun cokelat berdiri di sisi temapt tidurnya. Tahun 1835, The Brown Lady ini kembali dilihat oleh Captain Frederyk Marryat, berjalan membwa lampu minyak dan melempar senyuman pada sang Captain. Akhirnya, dua fotografe ditugaskan untuk memotret Kastil terkenal ini untuk majalah Country Life. Begini ujar Indre Shira, salah satu fotografer tersebut: “Saya berdiri di belakang kamera dengan lampu flash di tangan, menatap lurus ke atas tangga. Tiba-tiba saya melihat sosok berkerudung melangkah turun, dan saya memanggil rekan saya dengan kencang, “Cepat, cepat, di sana ada sesuatu!”. Saya buru-buru menekan lampu flashdan partner saya berkata, “Tidak ada apa-apa kok…” Tapi setelah foto tersebut dicetak…

Foto populer ini diterbitkan pada edisi Desember majalah Country Life dan menjadi satu-satunya foto hantu yang diakui keasliannya.

Peg Entwistle

Peg adalah aktris tahun 20an yang dikenal lewat pementasan teater Broadway populer Mad Hopes. Alhasil, Peg langsung ditawari menjadi pemeran dalam film Thirteen Woman. Namun sayang, film ini dicap gagal. Merasa sangat terpukul, pada malam 18 September 1932, Peg memanjat huruf H di tanda lembah Hollywood untuk bunuh diri. Beberapa orang mengaku pernah melihat arwah Peg di sekitar tanda Hollywood, maupun di tempat-tempat lain di sekitar kota hingga hari ini.

Anne Boleyn

Anne Boleyn adalah isteri Raja Inggris Henry VIII pada masa kejayaannya di tahun 1533-1536. Karena Anne tidak bisa memberikan anak laki-laki, Anne dijbloskan ke dalamTower of London, penjara bagi keluarga bangsawan dan kaum elit Inggris.

Pada tanggal 19 Mei 1536, Anne menerima hukuman mati. Anne berteriak, “Tuhan, terimalah jiwaku.” Prajurit yang bertugas sangat tersentuh melihat tubuh Anne tak berhenti bergetar. Maka ia berpura-pura mencari pedangnya dan berteriak, “Dimana pedangku? Ada yang lihat pedangku?”, padahal ia tengah memenggal keoala Anne.

Meski telah menjadi monumen bersejarah, kabarnya arwah Anne kerap terlihat di menara Tower of London, berjalan perlahan sambil menenteng kepalanya.

sumber : Majalah Cosmopolitan Edisi Oktober