Category: ULANGAN & TUGAS


Apa yang kita tonton di film-film Hollywood tentang kehidupan di penjara, sebenarnya bukan fiksi tapi memang begitulah adanya. Yang brutal dan mengerikan, sampai anda tak mampu membayangkannya, terjadi di penjara berikut ini.

Sungguh luar biasa mengerikan, manusia seperti tidak ada harganya. Nyawa manusia bisa hanya senilai rokok, atau barang-barang tak berguna. Berikut ini penjara-penjara paling “mematikan” di dunia. Disebut “mematikan” bukan hanya karena kebrutalan, tapi bisa juga karena kondisi penjara yg memang tak layak.

1. Carandiru Prison ( Brasil )

Penjara ini sempat menghebohkan Brasil juga dunia ketika pecah kerusuhan besar di penjara tersebut tahun 1992. Tragedi pembantaian masal yang melibatkan polisi setempat. Ratusan korban berjatuhan, 103 (ada yg menyebut 111 napi) di antaranya tewas terbunuh.

Tragedi Caradiru bermula dari meletusnya perang antar gank di penjara tersebut, yang melebar hingga melibatkan banyak narapidana. Polisi kemudian mendatangkan bala bantuan. Sebenarnya saat itu banyak napi telah menyerah dengan melemparkan senjata mereka . mereka meminta perlindungan polisi. Namun dijawab polisi dengan menembaki mereka.

Perlakuan brutal dari pihak kepolisian memicu protes di mana-mana, tak terkecuali Amnesty Internasional yang mengkampanyekan penjara tersebut ditutup tahun 2002. Amnesty Internasional melaporkan telah terjadi pelanggaran hak-hak azasi manusia di sana yang tak bisa ditolerir lagi. Bukan itu saja fasilitas penjara juga sedemikian buruk sehingga menyebarkan penyakit mematikan.

Pada masa itu Kepala Kepolisian Metropolitan Sao Paulo adalah Ubiratan Guimaraes, dia dianggap orang yang paling bertanggungjawab meletusnya tragedi ini. Kasus yang menimbulkan kemarahan dunia ini membawa Guimaraes ke kursi pesakitan. Ia sempat diadili dengan tuduhan pembunuhan terhadap 102 orang.

Namun Pengadilan kemudian membebaskan Guimaraes karena yg bersangkutan mengatakan polisi melakukan itu karena ditembaki. Pemerintah Brasil menganggap bahwa tragedi itu terjadi bukan tanggung jawab pihak kepolisian.

2. Bang Kwang Prison ( Thailand )

Dikenal sebagai “Bangkok Hilton”. Penjara ini boleh dibilang sudah tidak layak lagi, selain penuh sesak, juga kekurangan tenaga sipir. Para napinya dirantai. Kabarnya banyak napi jadi gila akibat stress melewati bulan-bulan pertama di tahanan itu.

Direktur penjara Khun Nattee mengakui, kalau penjaranya adalah paling keras diseluruh Thailand. Di sini fasilitas sangat minim, termasuk perawatan kesehatan terhadap napi sangat standar. Napi yang sakit hanya bisa meringkuk dengan kaki dirantai di kamarnya, sambil menunggu datangnya obat (kalau dapat).

3. ADX Florence Supermax Prison ( Colorado )

Penjara ini dibangun sebagai respon atas serangan terhadap para sipir dan staf yang terjadi di penjara lain di Amerika. Di penjara ini menerapkan maximum security untuk mencegah terjadinya serangan para napi terhadap sipir ataupun staf penjara.

Karenanya para napi diisolasi dari staf penjara. Para napi mengalami penyiksaaan psikologis karena selama 23 jam hanya dihabiskan diselnya. mereka tak bisa kemana mana.

Menjadi narapida di ADX adalah suatu mimpi buruk tak tak terlupakan bagi mereka. Di sana mereka menerima kondisi paling jelek dari yang terjelek. Karenanya mereka yang masuk ke sini adalah para penjahat kelas kakap termasuk yang telah berkali-kali masuk penjara. Di sinilah “neraka” penjara yang bisa mengakibatkan derita seumur hidup.

Selama 13 tahun beroperasi, dua orang tawanan dikabarkan mati terbunuh di ADX Florence. Salah satunya Lawrence Klaker. Ada yg menyebut dia mati ditembak, tapi ada juga yang bilang bunuh diri.

4. Alcatraz Island Prison ( San Fransisco, CA )

Penjara ini, yang dikenal sebagai “The Rock”, atau “Devil’s Island”. Dibangun pada tahun 1920-an. Segala ketidak nyamanan ada di sini. Alcatraz dirancang sedemikian rupa sehingga amat kecil kemungkinan napi bisa lolos dari sini. Alcatraz benar-benar menciptakan dunia sendiri. Para napi benar-benar terputus kontak dengan kehidupan di luar sana.

Pejabat penjara yang arogan, sipir yang kasar, kebijakan yang tidak manusiawi mewarnai hari-hari para napi di sana. Tak usah heran kalo banyak yang terkena gangguan jiwa akibat tekanan psikologis yang luar biasa.

Bayangkan saja, di sana ada larangan untuk tidak bercakap-cakap dengan napi lain, kalau tidak menurut, hukuman menunggu. Napi dilarang mengeluarkan emosinya. Mereka dipaksa diam. Hak-hak sebagai manusia, di Alcatraz, telah dicabut. Sungguh penjara “neraka”. Penjara ini ditutup pada 1963, tetapi warisan kegelapan terus “hidup” dan menjadi legenda.

5. San Quentin Prison ( San Quentin, California )

Tahun 1930an, pengelolaan penjara ini sarat dengan korupsi, sampai akhirnya muncul direktur baru Clinton Truman Duffy yang melihat kondisi tak manusiawi dari penjara ini, memutuskan melakukan perbaikan di tahun 1940 an.

Tapi sebelum masuknya direktur baru, penjara ini dikenal sangat tidak manusiawi memperlakukan para napi, khususnya yang masih baru. Kepala mereka dibotaki dan dipaksa memakai seragam yang diberi nomor, mereka makan dengan wadah ember-ember. Menghuni sel sempit tanpa diberi lampu.

Di sini nyawa tidak ada harganya. Kerusuhan antar ras kerap terjadi. Rasio antara penjaga penjara dan napi tidak sebanding, itu sebabnya banyak hal terjadi diluar kontrol.

Baca lebih lanjut

Iklan

Heboh beredarnya Video Harimau Putih (Pantera tigris) yang dalam beberapa hari ini sempat meresahkan masyarakat dan ramai di bahas di beberapa forum serta media bahkan sampai banyak yang mengklaim Video tersebut adalah kejadian di Taman Safari Indonesia Bogor hingga akhirnya pihak Taman Safari Indonesia mengeluarkan keterangan pers bahwa tidak pernah ada di sana kejadian tersebut.

Ternyata rekaman video tersebut bukanlah rekaman baru melainkan rekaman lama sekitar 1 tahun lalu saat kejadian. TKP kejadian bisa dipastikan bukanlah di wilayah Indonesia melainkan di Singapura tepatnya di Singapore Zoo (Kebun Binatang Singapura) yang menjadi Korbannya adalah seorang petugas Cleaning Service kontrak asal Malaysia bernama Nordin bin Montong yang berusia 32 tahun yang ditenggarai memiliki kelainan kejiwaan sehingga yang bersangkutan berani masuk ke wilayah berbahaya tersebut.

Sebenarnya tidaklah susah mencari data dan fakta kejadian tersebut , karena hampir semua media lokal seperti The Strait Times bahkan media Amerika dan Inggrispun banyak yang memuat kejadian tersebut, namun kenapa banyak orang yang mempercayai kejadian tersebut adalah di Indonesia, mungkin bisa jadi dialek yang dipakai adalah dialek melayu sehingga orang yakin kejadian tersebut di tanah air. Namun untuk hal-hal semacam ini memang opini publik gambang sekali terbentuk.

Baca lebih lanjut

Seorang pelatih ikan paus di SeaWorld di Orlando, Florida, Amerika Serikat (AS) tewas setelah diserang oleh ikan asuhannya, Rabu waktu setempat (24/2). Saksi mata mengatakan, ikan paus itu meloncat dan menyambar Dawn Brancheau yang berdiri di tepi kolam dan menyeretnya ke dasar kolam.

Namun, pihak SeaWorld mengatakan, peristiwa ini adalah murni kecelakaan setelah wanita pelatih itu jatuh ke dalam air. Insiden itu terjadi di dalam Shamu Stadium.

Pengunjung dievakuasi ketika kru pemadam kebakaran mencoba menyelamatkan perempuan berusia 40 tahun itu. Tetapi mereka tidak berhasil menyadarkan perempuan itu.

Ikan paus, bernama Tilikum, ini sebelumnya pernah mengakibatkan kematian seorang pelatih di Kanada pada tahun 1991. Seekor ikan paus yang lain juga dilaporkan pernah menyerang pelatih di arena Sea World tahun 2006 dan 2004.

Kepala departemen pelatihan binatang SeaWorld, Chuck Tompkins, seperti dikutip oleh kantor berita Reuters mengatakan, “Dia sedang mengelus kepala ikan paus itu, dan ikan itu menariknya ke dalam kolam.”

SeaWorld mengaku sedang melakukan penyelidikan atas kematian Brancheau yang sudah 16 tahun menjadi pelatih ikan paus.

Jim Solomon, juru bicara kantor Sheriff Orange County, mengatakan penyelidikan awal menyebut pelatih itu kemungkinan tergelincir dan jatuh ke dalam kolam. Dia menegaskan masih terlalu dini apakah dia diserang oleh ikan paus seberat 5.440 kilo itu.

Namun saksi mata memberi pandangan berbeda. Victoria Biniak mengatakan kepada satu stasiun televisi setempat bahwa saat itu pelatih ikan paus tersebut baru selesai menjelaskan kepada penonton atraksi yang akan dilihat.

Biniak menjelaskan bahwa ikan paus itu menjauh dengan cepat dan kembali ke tempat pelatih, meloncat, dan menyerang pinggang pelatih. Lalu ikan itu mengoyak tubuh si pelatih dengan buas. ”Kami kemudian hanya melihat sepatunya mengambang,” ungkapnya. Seorang laki-laki yang menyaksikan tragedi itu memberikan kesaksian yang mirip kepada televisi CNN.

Baca lebih lanjut

Sejarah Islam di Amerika Serikat bermula sekitar abad ke 16, dimana Estevánico dari Azamor adalah Muslim pertama yang tercatat dalam sejarah Amerika Utara. Walau begitu, kebanyakan para peneliti didalam mempelajari kedatangan Muslim di AS lebih memfokuskan pada kedatangan para imigran yang datang dari Timur Tengah pada akhir abad ke 19. Migrasi Muslim ke AS ini berlangsung dalam periode yang berbeda, yang sering disebut “gelombang”, sekalipun para ahli tidak selalu sepakat dengan apa yang menyebabkan gelombang ini.

Populasi Muslim di AS telah meningkat dalam seratus tahun terakhir, dimana sebagain besar pertumbuhan ini didorong oleh adanya imigran. Pada 2005, banyak orang dari negara-negara Islam menjadi penduduk AS – hampir 96.000 – setiap tahun dibanding dua dekade sebelumnya.

Estevánico dari Azamor mungkin telah menjadi Muslim pertama yang tercatat dalam sejarah Amerika Utara. Estevanico adalah orang Berber dari Afrika Utara yang menjelajahi Arizona dan New Mexico untuk Kerajaan Spanyol. Estevanico datang ke Amerika sebagai seorang budak penjelajah Spanyol di abad ke 16, Álvar Núñez Cabeza de Vaca.

Selama tahun 1520-an telah didatangkan budak ke Amerika Utara dari Afrika. Diperkirakan sekitar 500 ribu jiwa dikirim ke daerah ini atau 4,4% dari total 11.328.000 jiwa budak yang ada. Diperkirakan sekitar 50% budak atau tidak kurang dari 200 ribu jiwa budak yang didatangkan berasal dari daerah-daerah yang dipengaruhi oleh Islam.

Menurut sumber lain, kedatangan paling awal imigran Muslim adalah antara tahun 1875 dan 1912 dari kawasan pedesaan, yang sekarang menjadi Suriah, Yordania, Palestina, dan Israel. Daerah ini dulunya dikenal sebagai Suriah Raya yang diperintah oleh Kekaisaran Ottoman. Setelah Kekaisaran Ottoman runtuh pada Perang Dunia I (PD I), terjadi gelombang kedua imigrasi kaum Muslim dari Timur Tengah, dimana dalam periode ini pula dimulainya kolonialisme Barat di Timur Tengah. Pada tahun 1924, aturan keimigrasian AS disahkan, yang segera membatasi gelombang kedua imigrasi ini dengan memberlakukan “sistem kuota negara asal”. Periode imigrasi ketiga terjadi pada 1947 sampai 1960, dimana terjadi peningkatan jumlah Muslim yang datang ke AS, yang kini berasa dari negara-negara di luar Timur Tengah. Gelombang keempat kemudian terjadi pada tahun 1965 disaat Presiden Lyndon Johnson menyokong rancangan undang-undang keimigrasian yang menghapuskan sistem kuota negara asal yang sudah bertaha lama.

Islamic Center Washington di Washington.

Masjid adalah tempat ibadah utama bagi seorang Muslim. Di AS, ada sekitar 1.209 Masjid, dimana yang terbesar adalah Islamic Center of America yang terletak di Dearborn, Michigan. Dibangun pada 2005, Masjid ini dapat menampung lebih dari 3.000 jamaah yang terus tumbuh di wilayah itu. Hanya kurang dari 100 unit yang benar-benar dari awal dirancang sebagai Masjid, kebanyakan jamaah Islam di AS pada awalnya beribadah di bangunan-bangunan yang semula didirikan untuk tujuan lain, seperti bekas stasiun pemadam kebakaran, teater, gudang, dan toko.

Jumlah Masjid terbanyak di AS adalah di negara bagian California, yakni sekitar 227 unit di tahun 2001.

Jumlah, kebangsaan dan etnis

Sulit menentukan jumlah pasti Muslim di AS. Konstitusi AS memisahkan antara gereja dengan negara yang tercermin dalam undang-undang Amerika, sehingga formulir Biro Sensus AS tidak memuat pertanyaan tentang agama pada orang yang dicatat didalamnya. Dinas imigrasi juga tidak mengumpulkan informasi tentang agama para imigran. Banyak masjid di AS tidak memiliki kebijakan keanggotaan resmi, dan mereka jarang mencatat secara akurat jumlah jamaah yang datang. Hasil akhirnya adalah tidak adanya data yang akurat mengenai jumlah Muslim di AS. Menurut sumber yang sama, imigran Asia Tengah-bagian Selatan menempati urutan teratas (33%) dalam jumlah besar komunitas Muslim AS, yang kedua adalah keturunan Afro Amerika (30%), Arab (25%), Afrika (3%), lain-lain 5%, serta Eropa dan Asia Tenggara (masing-masing 2%). Sedangkan menurut Central Intelligence Agency (CIA) Amerika dalam situsnya, jumlah Muslim di AS adalah 1% dari 301.139.947 (perkiraan Juli 2007) penduduk AS, jumlah ini sama dengan jumlah umat Yahudi di AS.

Menurut Lembaga Survey Pew pada tahun 2007, dua pertiga Muslim di AS adalah keturunan asing. Diantara mereka telah bermigrasi ke AS sejak tahun 1990. Sedangkan sepertiga dari Muslim AS adalah penduduk asli yang beralih ke Islam, dan keturunan Afro Amerika. Pada tahun 2005, menurut New York Times, lebih banyak lagi orang dari negara-negara Muslim yang menjadi penduduk AS – hampir 96.000 – setiap tahun dibanding dua dekade sebelumnya .

Sedangkan menurut Council on American-Islamic Relations (CAIR), jemaah masjid Sunni yang diperuntukkan bagi umum di AS berasal dari latar belakang bangsa yang berbeda: Asia Selatan (33%), Afro Amerika (30%), Arab (25%), Eropa (2,1%), Amerika kulit putih (1,6%), Asia Tenggara (1,3%), Karibia (1,2%), Turki Amerika(1,1%), Iran Amerika (0,7%), dan Hispanik/Latin (0,6%).

Persebaran georgrafi

Komunitas Muslim pertama berada di Midwest. Di Dakota Utara, kaum Muslim berkumpul untuk shalat berjamaah di tahun-tahun pertama era 1900-an; di Indiana, sebuah pusat kegiatan Islam dimulai sejak 1914; dan Cedar Rapids, Iowa, adalah rumah bagi Masjid tertua yang masih digunakan hingga sekarang. Daerborn, Michigan, dipinggiran Detroit, adalah tempat Muslim Sunni dan Syiah dari banyak negara Timur Tengah. Bersama umat Kristen dari Timur Tengah, kaum Muslim Michigan membentuk komunitas Arab-Amerika terbesar di negara ini. Galangan kapal di Quincy, Massachusetts, diluar Boston, menyediakan lapangan kerja bagi imigran Muslim sejak tahun 1800-an. Di New England juga telah dibuat sebuah Islamic Center, yang kini menjadi kompleks Masjid besar untuk beribadah bagi para pelaku bisnis, guru, profesional, serta pedagang dan buruh. Di New York, Islam telah hadir dan muncul selama lebih dari satu abad.

Rumah pertama yang lain bagi imigran Muslim adalah Chicago, Illinois, dimana beberapa orang menyatakan jumlah Muslim yang tinggal disini pada awal 1900-an adalah yang terbanyak diantara kota-kota lain di AS. Lebih dari 40 kelompok Muslim telah berdiri di kawasan Chicago. Di Los Angeles dan San Fransisco, California, juga telah menjadi pusat komunitas Muslim yang besar di AS. Islamic Center di California Selatan adalah salah satu entitas Muslim terbesar di AS. Jumlah Masjid di California juga adalah yang terbanyak di AS, yakni sekitar 227 Masjid di tahun 2001

[sunting]Di penjara

Penjara bisa jadi adalah penyokong terhadap pertumbuhan Islam di AS. Perkiraan resmi menyatakan bahwa persentase dari narapidana Muslim adalah sekitar 15-29% dapi populasi penjara. Diperkirakan, sekitar 80% dari narapidana berpindah agama ke Islam. Populasi narapidana Muslim telah mencapai 350 ribu jiwa (pada 2003) dengan pertambahan sekitar 30 ribu hingga 40 ribu setiap tahunnya. Kebanyakan narapidana yang berpindah ke Islam adalah keturunan Afrika.

Menurut Dr. Mikhail Waller, golongan Islamis radikal, yang dicurigai oleh pemerintah AS, menjadi perekrut didalam penjara untuk menjadikan pengikutnya sebagai kader demi mendukung mereka dalam usaha-usaha anti Amerika.

Perekonomian

Pada awalnya, imigran Muslim yang datang ke AS bekerja sebagai budak, tapi kini tidak sedikit yang bekerja sebagai seorang profesional. Pekerjaan lain yang dilakoni oleh Muslim di AS adalah guru, tentara, penjaga toko, sopir taksi, dokter, wiraswasta, buruh, dan pekerjaan lainnya.

Karena dalam Islam perbuatan riba diharamkan oleh agama, sebagian Muslim merasa kesulitan ketika harus mendanai dan mengembangkan usahanya. Sebagian besar lembaga keuangan dan perbankan di AS masih bersifat konvensional, dimana mereka menerapkan sistem berbunga. Namun sejak beberapa tahun lalu, sebagian lembaga keuangan dan korporasi mulai mencari cara untuk membantu Muslim AS. Beberapa program pendanaan lokal ala Islam baru-baru ini telah dimulai atau sedang dalam tahap perencanaan:

  • Korporasi Pengembangan Komunitas Phillips (Phillips Community Development Corp.) maupun Badan Pengembangan Komunitas Minneapolis (Minneapolis Community Development Corp.), masing-masing telah memberi dana bagi pemiliki usaha Islam dengan biaya administrasi sebagai pengganti bunga.
  • Konsorsium Minneapolis dari Para Pengembang Komunitas (Minneapolis Consortium of Community Developers) telah menyediakan dua pendanaan berdasarkan biaya untuk usaha-usaha Islami sebagai proses awal.
  • Delsan Auto Dealer, tempat usaha mobil bekas miliki seorang Somalia, menyediakan pendanaan bebas bunga kepada pelanggannya.
  • Kelompok Twin Cities sedang berupaya untuk membentuk perserikatan kredit secara Islam.
  • Bank-bank seperti Wells Fargo & Co. dan University Bank tengah mencari jalan bagaimana mereka bisa membantu usaha Islam.

Baca lebih lanjut

Glitter Neon/Glitter Nine One adalah nama kelas ku, yaitu kelas 91. Glitter Neon atau disingkat GN yang artinya Gemerlap Sembilan Satu (ngasal aja tuh nama, hehe), berisi 34 orang siswa yang dipimpin oleh satu orang wali kelas, terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan.

Anak-anak GN lucu-lucu, asik, gokil, rajin (ga semua, hehe.), kompak, seru, pengertian dan perhatian satu sama lain. Apalagi pada waktu ulang tahun wali kelas kami, Ibu Irma Rahmi. Kami semua berdiskusi tentang bagaimana merayakan ulangtahun Bu Irma. Hari itu sangat menyenangkan.

Berikut ini adalah nama anak-anak GN :

-> Pemimpin : Ibu Irma Rahmi

Wali kelas yang sangat bijaksana, cantik, baik, serta pintar. Kami bangga dan sayang padanya

( our lovely mother ) 😀

1. Adnan Rahman ( kang nanan ) : Cowok yang satu ini pendiam banget, tapi ternyata dia adalah anak yang asik , dia juga pintar. Kami semua memanggilnya ‘akang’ (karena ada salah satu temen kami yang memanggilnya begitu, hehe )

2. Agung Yudhi ( zeti, anak bungsu ) : Kalo cowok yang satu ini agak bandel, tapi dia asik juga kok. Dia di panggil ank bungsu karena badannya yang kecil. Hehe . 🙂

3. Aldina Tri Wahyuningsih ( dina ) : Cewek yang ini agak cerewet tapi dewasa banget, serta pintar. Dia sering banget ngasih masukan-masukan kepengurus kelas. Anaknya juga asik 🙂

4. Annisa Drihantami ( nyemi’ ) : Cewek yang satu ini sedikit cerewet, tapi lucu banget. Wajahnya imut-imut.  Dia dan 4 orang temennya (Irma, Melinda, Dini, Friska) hobby banget ngerumpi di kelas . hehe 😀

5. Annisa Dwi Cantika ( Chika ) : Kalo cewek yang ini, anaknya agak pendiem, tapi menghanyutkan. Dia pendiem ternyata pinter banget, pada ujian semester 2 kemarin, dia menempati juara ke3 . ckckck, ga nyangka . 🙂

6. Arya Ganang ( arya ) : Nahh, kalo yang ini, agak bandel juga. Dia hobby banget ngelucu di kelas, dan sering banget berantem sama Mariza. Gatau kenapa, ada rasa kalii. hehe . Tapi, walaupun dia bandel, dia jago main musik lho, terutama bass, kalo udah lihat dia main musik, kereennn banget deh pokoknya ! 😀

7. Bintan Pradika ( bintan ) : Nahh, kalo yang satu ini, otaknya tajam banget. Dia pinter banget, makan apa ya dia kok bisa pinter gitu ? hehe  . Tapi kata temen-temen yang lain, Bintan pelit kalo ga ada guru, kalo ada guru aja dia mau ngajarin temennya. Jangan gitu donk Bintan ! Kan kasihan temen-temen yang gak ngerti. hehe . Tapi, walaupun dia pinter dan sedikit kutu buku, dia bisa ngelucu juga loh dikelas . 😀

8. Cocca Stiffen B ( occa ) : Kalo cowok yang satu ini,pendiem banget dan suka BANGET tersenyum, walaupun dia lagi kena marah guru atau dihukum guru, hal pertama yang dia lakukan adalah TERSENYUM. Gatau kenapa dia suka banget tersenyum. hehe . Tapi dia juga salah satu orang yang suka ngelucu di kelas. Satu geng sama Arya. Dia juga pinter main musik, kalo dia ahlinya main drum, kerennnn banget kalo lihat dia main drum. hehe . Tapi kebiasaan buruk dia, dia suka banget telat dateng ke sekolah. jangan suka telat dong 😀

9. Deisza Tarramiftahul ( dedei ) : Cewek yang satu ini cerewet banget (hehe). Dan dia rajin banget nagihin ‘utang’ uang kas ke temen-temen. Pokoknya, kalo dia udah ngebicarain tentang uang kas di kelas, temen-temen pada males deh. hehe . Tapi dia asik juga sihh, dia juga suka ngelucu meskipun kadang lawakannya garing (hehe). 🙂

10. Diana Pitriani ( diana ) : Kalo cewek yang ini, agak keras, tapi anaknya asik. Dia juga dewasa banget. Walaupun dia cewek, dia berani mengambil tanggung jawab sebagai Wakil Ketua Kelas. ckckck, berani banget. hehe . :p

11. Dicky Saputra ( dicky ) : Cowok yang ini mempunyai kulit yang putih. Mungkin di kelas dialah cowok yang putih. Di kelas dia juga lumayan rajin, tapi rajinnya itu ‘angin-anginan’. Maksudnya, dia rajin kalo bener-bener lagi mood aja, kalo gak, dia sama aja kayak anak cowok yang lain (gak semua loh, hehe) 😀

12. Dinda Chyntia ( dindutt, bundo ) : Nahh, kalo yang ini soulmate aku banget. Kemana-mana kami selalu pergi berdua. Dia lucu, chubby (karena badannya gendut, hehe), pinter juga, rajin, suka nasehatin aku kalo aku lagi bingung. Pokonya dia soulmate aku banget. Aku seneng banget main sama dia. Dia juga pinter main musik, dia pinter main gitar, dan pinter nyanyi juga. Kami manggil dia ‘Bundo’ (karena dia orang Padang dan salah satu temenku manggil gitu, hehe). Dia ‘Mitha The Virgin’ nya kelas. hehe . 🙂

13. Dini Vebrianti ( dinie ) : Kalo cewek yang satu ini cerewet banget. Dia juga hobby banget ngerumpi di kelas, hobby banget foto-foto, dan juga hobby dandan. Dan kalo udah marah, suka banget teriak dengan suara yang memekakkan telinga. hehe . Jangan gitu donk Dini ! Kan kasihan kami. hehe . 😀

14. Edo Tubagus ( edo’) : Kalo anak yang ini, suka banget nyeloteh, tapi dia lucu juga. Dan ternyata dia juga pinter loh. Tapi dia juga sedikit usil sampai-sampai dia sering kena marah sama temen-temen, hehe. Makanya do, jangan suka usil ! 🙂

Baca lebih lanjut

Siapakah manusia terjenius yang pernah dimiliki dunia? Da Vinci? John Stuart Mills? Atau Albert Einstein seperti yang selama ini diperkirakan orang? Ketiganya memang dianggap jenius-jenius besar yang telah memberikan banyak pengaruh terhadap bidangnya masing-masing. Tapi gelar manusia terjenius yang pernah dimiliki dunia rasanya tetap layak diberikan kepada William James Sidis. Siapakah ia? Mengapa namanya tenggelam dan kurang dikenal walau angka IQnya mencapai kisaran 250–-300?..
Keajaiban Sidis diawali ketika dia bisa makan sendiri dengan menggunakan sendok pada usia 8 bulan. Pada usia belum genap 2 tahun, Sidis sudah menjadikan New York Times sebagai teman sarapan paginya. Semenjak saat itu namanya menjadi langganan headline surat kabar : menulis beberapa buku sebelum berusia 8 tahun, diantaranya tentang anatomy dan astronomy. Pada usia 11 tahun Sidis diterima di Universitas Harvard sebagai murid termuda. Harvardpun kemudian terpesona dengan kejeniusannya ketika Sidis memberikan ceramah tentang Jasad Empat Dimensi di depan para professor matematika.

Lebih dasyat lagi : Sidis mengerti 200 jenis bahasa di dunia dan bisa menerjamahkannya dengan amat cepat dan mudah. Ia bisa mempelajari sebuah bahasa secara keseluruhan dalam sehari !!!! Keberhasilan William Sidis adalah keberhasilan sang Ayah, Boris Sidis yang seorang Psikolog handal berdarah Yahudi. Boris sendiri juga seorang lulusan Harvard, murid psikolog ternama William James (Demikian ia kemudian memberi nama pada anaknya) Boris memang menjadikan anaknya sebagai contoh untuk sebuah model pendidikan baru sekaligus menyerang sistem pendidikan konvensional yang dituduhnya telah menjadi biang keladi kejahatan, kriminalitas dan penyakit. Siapa yang sangka William Sidis kemudian meninggal pada usia yang tergolong muda, 46 tahun – sebuah saat dimana semestinya seorang ilmuwan berada dalam masa produktifnya. Sidis meninggal dalam keadaan menganggur, terasing dan amat miskin. Ironis. Orang kemudian menilai bahwa kehidupan Sidis tidaklah bahagia. Popularitas dan kehebatannya pada bidang matematika membuatnya tersiksa. Beberapa tahun sebelum ia meninggal, Sidis memang sempat mengatakan kepada pers bahwa ia membenci matematika – sesuatu yang selama ini telah melambungkan namanya. Dalam kehidupan sosial, Sidis hanya sedikit memiliki teman. Bahkan ia juga sering diasingkan oleh rekan sekampus. Tidak juga pernah memiliki seorang pacar ataupun istri. Gelar sarjananya tidak pernah selesai, ditinggal begitu saja. Ia kemudian memutuskan hubungan dengan keluarganya, mengembara dalam kerahasiaan, bekerja dengan gaji seadanya, mengasingkan diri. Ia berlari jauh dari kejayaan masa kecilnya yang sebenarnya adalah proyeksi sang ayah. Ia menyadarinya bahwa hidupnya adalah hasil pemolaan orang lain. Namun, kesadaran memang sering datang terlambat.

Baca lebih lanjut

10. Hotel Attraction Designed in 1908 for New York City

Hotel Attraction maunya menjadi gedung tertinggi di New York pada saat itu. Didesign oleh Antoni Gaudi, tinggilnya adalah 360 meter, dan tampaknya sangat tak mungkin pada waktu itu. Sedikit sekali fakta yang diketahui tentang proyek ini sampai ketika tahun 1956, sebuah buku berjudul “The NEw World Called Gaudi” diterbitkan. Tidak jelas mengapa proyek ini dihentikan.

9. The Illinois Designed in 1956 for Chicago Illinois

The Illinois tadinya akan menjadi pencakar langit setinggi 1.609 meter yang divisikan oleh Frank Lloyd Wright. Wright percaya bahwa bangunan ini mungkin dibuat, pada waktu itu. Design nya terdiri dari 528 tingkat, dengan luas daerah kotor 18,46 kaki persegi. Masalah yang timbul adalah ruang yang diperlukan untuk mendirikan pencakar langit itu kurang, dan terbatasnya lift (elevator) yang diperlukan. Hal itulah yang akhirnya menggagalkan proyek ini.

8. Fourth Grace / The Cloud Designed in 2002 for Liverpool England

Walaupun banyak orang yang menganggap kalau Fourth Grace adalah proposal terjelek, Arsitek Will Alsop memenangkan penghargaan design untuk proyek yang dinamakannya “The Cloud” ini. Proyek ini diberhentikan karena masalah dana yang membludak untuk membangun design spiral yang mahal. Fourth Grace didesign untuk kantor, 107 kamar hotel, dan 50000 sq ft fasilitas termasuk bar, restaurant, dan gallery.

7. Beacon of Progress Designed around 1891 for Chicago Illinois

Rencananya adalah sebuah menara batu setinggi 457 meter di Jackson Park, Chicago. Design yang memenangkan penghargaan ini dikemukakan oleh Professor MIT Désiré Despradelle, seorang Prancis. Dengan lebih banyak dukungan dana, bangunan ini bisa jadi bangunan buatan manusia tertinggi di dunia saat itu.

6. Ville Contemporaine Designed in 1922 for Paris France

The Ville Contemporaine tadinya hendak dijadikan tempat tinggal bagi 3 juta penduduk. Ville ini dikemukakan oleh arsitek Swiss-Prancis Le Corbusier. Bagian tengah bangunan ini direncanakan adalah sekelompok pencakar langit 60 tingkat yang dibangun dengan logam baja dan diselubungi oleh dinding kaca. Digunakan untuk kantor dan apartemen. Tidak jelas mengapa proyek ini dihentikan.

5. Tatlin’s Tower Designed around 1917 for St. Petersburg Russia

Tatlin’s Tower kalau jadi dibangun, akan membuat Eiffel Tower terkesan mini. Rencananya, bangunan ini terbuat dari besi, kaca, dan baja. Menara ini tadinya akan dijadikan simbol modernitas. Bentuk utama menara ini adalah twin helix yang naik secara spiral sampai tinggi 400m, dimana orang2 bisa ditransportasikan ke atas, melalui jalur itu.

Baca lebih lanjut

Memang unik, ditakuti tapi juga dicari. Begitulah gambaran tentang 10 tempat paling berhantu dan paling menakutkan di dunia. Banyak orang yang ketakutan bila bicara tentang hantu, tapi banyak juga yang penasaran dan datang berkunjung. Sampai sampai agen perjalanan menjual paket “Wisata Hantu”. Tempat mana saja yang paling menakutkan di dunia, berikut lokasinya juga cerita yang melatarbelakangi misteri tempat ini.

1. Catacombs, Paris, France.

Pada masa lalu, ketika pemerintah memutuskan untuk menyediakan tempat yang lebih luas bagi manusia hidup, maka salah satu pilihannya adalah menggusur tempat-tempat pemakaman. Alternatif ini dipilih karena bila menggusur tempat pemukiman illegal, bakal menimbulkan protes besar dari penduduknya. Sementara menggusur orang mati, protes dinilai lebih kecil. Paling hanya para ahli waris yang keberatan. Maka jadilah para ahli perencanaan kota membuat perencanaan memindahkan tulang belulang warga Paris yang jumlahnya jutaan. Agar tidak menimbulkan gejolak, pemindahan dilakukan secara diam-diam. Kemana dipindahkannya? Inilah yang jadi catatan sejarah. Ternyata tulang belulang itu ditempel di sepanjang lorong dinding kota bawah tanah. Kota bawah tanah itu disebut City of Light. Sampai sekarang kota bawah tanah yang mengerikan itu masih ada dan popular dengan sebutan Empire of the Dead.

The Paris Catacombs merupakan gambaran kekejian pemerintah pada masa itu dan menjadi catatan sejarah dunia sepanjang masa. Uniknya, kini tempat itu menjadi lokasi wisata yang paling banyak dikunjungi. Setiap tahun sejuta orang datang ke tempat itu untuk melihat lihat pemandangan mengerikan di mana tengkorak-tengkorak manusia, tulang belulang menempel di dinding yang gelap dan lembab. Para wisatawan ini tentunya dipandu oleh guide yang akan menjelaskan tentang seluk beluk sejarah tempat itu.

Dan, namanya tempat pekuburan masal, tentu saja banyak cerita hantu yg berhembus dari sana. Sejumlah wisatawan maupun pemandu bercerita kalau saat kunjungan mereka pun bertemu dengan hantu-hantu yang kebetulan tengah berkeliaran. Mereka adalah roh penduduk paris masa lalu, yang tak jarang mengikuti rombongan wisata ini. Beberapa dari wisatawan malah ada yg berhasil merekam hantu-hantu itu, meski sebelumnya tak menyadari. Meski menakutkan, namun tetap saja banyak wisatawan yang penasaran datang ke mari.

Banyak laporan yang masuk bahwa banyak wisatawan yang nekad datang sendiri, tanpa rombongan, akhirnya hilang alias tidak pernah muncul kembali.

2. Hantu-hantu New Orleans, Louisiana. Kota ini terkenal sebagai kota paling berhantu di seluruh amerika.

Penduduk setempat, paranormal juga pengunjung sepakat bahwa New Orleans adalah tempat paling berhantu di Amerika. Konon, ini semua terjadi karena sejarah masa lalu kota ini yang menjadi tempat kegiatan voodoo, pembunuhan dan kutukan. Legenda ini telah ada sejak 200 tahun lalu. Ini kemudian diperparah dengan meletusnya perang saudara yang paling keji dengan pembunuhan-pembunuhan keji. Penduduk setempat menyebut, konsentrasi tempat paling berhantu di New Orleans ada di bagian tengah di mana kini menjadi pusat bisnis, juga di rumah rumah penduduk.

Legenda yang hidup di masyarakat hantu yang paling terkenal menghantui New Orleans adalah hantu Ratu Voodoo, Marie Laveau. Katanya, hantu Marie ini sering menampakkan diri berjalan-jalan memakai gaun merah dengan kepala yang dililit sorban putih tujuh lapis. Sambil berjalan, konon, hantu itu mengeluarkan bunyi-bunyian semacam kutukan voodoo. Begitu kerasnya bunyi-bunyian sampai-sampai orang yang berada di sekitar sana dapat mendengar. Tapi hantu itu paling sering terlihat di sekitar pekuburan St Louis Cemetery. Banyak wisatawan datang ke pekuburan itu hanya untuk mengantarkan sesajen seperti boneka voodoo, bunga, lilin, hingga binatang-binatang kurban seperti monyet dan ayam. Harapan mereka, dapat memperoleh berkah dan kekuatan supranatura dari kuburan itu.

Hantu terkenal lainnya dari New Orleans yang juga melegenda adalah Laularie House, di mana konon dulunya menjadi tempat tinggal Delphine LaLaurie dan suami ketiganya. Rumah itu berada di 1140 Royal Street telah berdiri sejak 1830-an. Konon, di rumah itu kerap terjadi penyiksaan terhadap para pembantu. Dan laporan penduduk setempat, mereka sering mendengar jeritan kesakitan orang yang disiksa,tangisan-tangisan, bahkan mereka pernah melihat seperti ada yg membanting pintu dan lari keluar. Mungkin itu adalah roh-roh yang mati tak wajar karena penyiksaan. Beberapa melaporkan, pernah melihat ada orang yang mengintip dari jendela-jendela rumah hantu itu.

New Orleans adalah salah satu kota tertua yang memiliki banyak ‘wajah’ di Amerika. Dari sanalah banyak cerita-cerita menyeramkan muncul. Kengerian dan kekejian pristiwa-peristiwa yang terjadi di sana seolah menjadi bayang bayang kelabu dari kota yang pernah dilanda badai besar, sampai hari ini. Belum lagi cerita hantu kucing dan anjing yang kerap menampakkan diri pada penduduk sekitar.

Beberapa pemandu tur wisata hantu mengatakan, hantu kucing maupun anjing merupakan penjaga kuburan yang dulunya memang sengaja di pelihara untuk menjaga kuburan. Itu hanya sebagian kecil kisah-kisah hantu yang menjadi catatan penduduk setempat. Masih banyak lagi kisah menakutkan lain. Itu sebabnya New Orleans dijuluki kota paling berhantu di Amerika.

Baca lebih lanjut

World Trade Center di New York City (secara informal kadang disebut WTC atau Menara Kembar) adalah suatu kompleks yang terdiri dari tujuh bangunan, sebagian besar didesain oleh arsitek Jepang-Amerika, Minoru Yamasaki dan dibangun oleh Port Authority of New York and New Jersey. Pembangunannya dirintis oleh Lower Manhattan Association yang didirikan dan diketuai oleh David Rockefeller, dengan dukungan kuat dari saudaranya, Nelson Rockefeller, yang kelak menjadi gubernur New York.

Kompleks yang berlokasi di jantung pusat distrik finansial New York City ini memiliki 1.24 juta m² ruang perkantoran, hampir empat persen dari keseluruhan luas ruang perkantoran yang tersedia di Manhattan. World Trade Center yang dikenal dengan Menara Kembar 110 lantainya ini mengalami kebakaran pada 13 Februari 1975 dan serangan bom pada 26 Februari 1993. Ketujuh bangunan asli kompleks hancur pada Serangan 11 September 2001 :  WTC 1, WTC 2 (Menara Utara dan Selatan), dan WTC 7 runtuh,  WTC 3 ( Hotel Marriott ) hancur karena runtuhnya WTC 1 dan WTC 2, sedangkan WTC 4, WTC 5, dan WTC 6 mengalami kerusakan yang tak dapat diperbaiki hingga akhirnya terpaksa dihancurkan.

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/World_Trade_Center

Baca lebih lanjut

JEMBATAN MAHAKAM

Bicara soal arsitektur tak terbatas hanya pada bangunan, rumah atau gedung. Nah, untuk kategori ini, Jembatan Mahakam 2 atau yang juga dikenal dengan Jembatan Tenggarong di Kalimantan Timur, menjadi salah satu pilihan.

Melintang di atas Sungai Mahakam di tepian Kota Tenggarong, jembatan ini adalah yang ke dua setelah Jembatan Mahakam I yang berada di tengah Kota Samarinda. Namun demikian, Jembatan Mahakam 2 mempunyai desain yang menarik dibanding “saudara tuanya” atau jembatan lainnya di Nusantara. Jembatan ini tergolong suspension cable bridge dan berdesain nyaris sama dengan Golden Gate di San Francisco, Amerika Serikat.

Wajar saja bila jembatan yang membentang sejauh sekitar 710 meter ini tak hanya berfungsi sebagai sarana transportasi, tapi juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Tenggarong. Menjelang senja, lampu-lampu yang terpasang pada tiang dan kebel-kabelnya akan menyala dan menyajikan sebuah panorama yang indah

RUMAH TONGKONAN


Selain bangunan peninggalan kolonial, Indonesia juga memiliki sejumlah rumah adat dengan bentuk atau desain yang unik. Bangunan ini memang bukan karya seorang arsitek era modern yang menguasai segudang teori. Melainkan kreasi sekelompok manusia yang masih mencintai serta menjunjung tinggi adat istiadat yang diwariskan oleh leluhurnya. Dan Tongkonan, rumah adat masyarakat Tana Torja di Sulawesi Selatan, adalah salah satunya.

Tongkonan memang memiliki ciri khas tersendiri dibanding rumah adat lainnya. Rumah ini berupa rumah panggung dari kayu. Atapnya yang terbuat dari susunan bambu yang dilapisi ijuk hitam serta bentuknya yang melengkung seperti perahu telungkup, membuat rumah ini mirip dengan Rumah Gadang, rumah adat masyarakat Minang atau Batak. Dinding rumah yang terbuat dari kayu, juga diukir dengan aneka ukiran khas Toraja.

Ciri lain yang paling menonjol pada Tongkonan adalah adalah kepala kerbau beserta tanduknya yang meliuk indah yang disusun pada sebuah bang utama di depan setiap rumah. Jumlah kepala kerbau yang ada di setiap rumah bisa berbeda. Semakin banyak “hiasan” ini di sana, maka semakin tinggi derajat keluarga yang tinggal di dalamnya. Karenanya. Tongkonan juga menjadi salah satu daya tarik wisata Tator dan banyak diminati para pecinta foto.

TAMAN SARI


Taman bunga yang indah. Begitulah kira-kira arti dari nama Taman Sari. Areal pemandian ini merupakan kompleks bangunan yang sangat indah dan menjadi aset Keraton Yogyakarta. Dibangun setelah Perjanjian Giyanti pada tahun 1755, tempat ini memang didesain sebagai tempat pengasingan diri Sultan Yogyakarta dan keluarganya dari hiruk pikuk dunia. Meskipun sempat luluh lantak terguncang gempa, saat ini Taman Sari sudah kembali terlihat cantik.

Taman Sari memang dirancang sedemikian rupa agar bisa menghadirkan ketenangan bagi siapapun yang berada di dalamnya. Bangunan ini juga mencerminkan style yang multikultur (Portugis, Belanda, Cina, Jawa, Hindu, Buddha, Nasrani, dan Islam). Kolam mungil dengan air mancurnya yang jernih dan pohon-pohon berbunga, menambah keasrian tempat ini. Sekaligus menjadikannya sebagai lokasi peristirahatan yang sempurna.

Baca lebih lanjut